Pengertian Keanekaragaman Hayati (Lengkap)


pengertian keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah keseluruhan variasi, baik bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang ditemukan pada makhluk hidup.

A. Tingkat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati terdiri atas 3 tingkatan, yaitu tingkat gen, tingkat spesies, dan tingkat ekosistem.

1. Keanekaragaman Tingkat Gen

Keanekaragaman tingkat gen merupakan variasi yang terdapat dalam satu spesies, baik dalam satu populasi ataupun di antara banyak populasi. Variasi gen terjadi akibat mutasi dan reproduksi seksual.

Keanekaragaman tingkat gen dapat diamati pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

A. Variasi bentuk hidung, warna kulit, golongan darah, dan bentuk rambut pada manusia.
B. Variasi bentuk pial ayam, yaitu gerigi, biji, bilah, dan sumpel.
C. Variasi warna bunga mawar, yaitu merah, putih, dan kuning.

2. Keanekaragaman Tingkat Spesies (Jenis)

Keanekaragaman tingkat spesies merupakan variasi antarspesies di dalam ekosistem. Variasi antarspesies, misalnya dalam satu genus, famili, atau tingkatan taksonomi lebih tinggi lainya lebih mudah diamati daripada dalam satu spesies. Contohnya:

A. Keanekaragaman tingkat spesies dalam satu genus Panthera, yaitu harimau (Panthera tigris) dan macan tutul (Panthera pardus). Kedua spesies tersebut memiliki ukuran, bentuk tubuh, warna bulu, tipe loreng, dan lingkungan hidup yang berbeda.
B. Keanekaragaman tingkat spesies dalam satu famili tumbuhan kacang-kacangan, yaitu kacang panjang (Vigna sinensis), kacang tanah (Arachis hypogae), kacang hijau (Phaseolus radiatus), dan kacang buncis (Phaseolus vulgaris). Keempat tumbuhan itu memiliki struktur dasar bunga dan daun yang sama, tetapi bervariasi dalam ukuran tubuh, bentuk buah, serta bentuk dan warna biji.

3. Keanekaragaman Tingkat Ekosistem

Keanekaragaman tingkat ekosistem adalah variasi beragam ekosistem di lapisan biosfer. Variasi tersebut terjadi karena komponen biotik (makhluk hidup) dan kondisi abiotik (benda mati) setiap ekosistem berbeda. Misalnya, posisi geografi dan iklim berpengaruh terhadap biodiversitas pada suatu daerah. Ekosistem daerah tropis memiliki biodiversitas tertinggi dibandingkan tipe ekosistem lainnya.

0 Response to "Pengertian Keanekaragaman Hayati (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel