Pengertian Klasifikasi Organisme dan Sejarahnya

Pengertian Klasifikasi Organisme dan Sejarahnya

Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan organisme yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu.

Semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur.

Ada beberapa ahli yang mengemukakan teori klasifikasi organisme (makhluk hidup), yaitu sebagai berikut:

1. Aristoteles (384-322 SM), mengelompokkan makhluk hidup menjadi 2 kelompok, yaitu tumbuhan dan hewan.

2. John Ray (1627-1708), merintis pengelompokan makhluk hidup ke arah grup-grup kecil. Ia telah melahirkan konsep tentang jenis dan spesies.

3. Carolus Linnaeus (1797-1778), mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada kesamaan struktur. Kemudian setiap kelompok tumbuhan ataupun hewan tersebut dipasang-pasangkan dengan kelompok tumbuhan atau hewan lainya yang memiliki persamaan dalam kategori lain.

Hal itu pertama kali di usulkan oleh John Ray yang kemudian disempurnakan oleh Carl Vinson Linne, seorang ahli botani berkebangsaan Swedia yang dikenal pada masa sekarang dengan Carolus Linnaeus.
Ia juga mengenalkan pada sistem tata nama makhluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenklatur. Oleh karena itu, Carolus Linnaeus dikenal sebagai bapak Taksonomi dunia.

4. R.H. Whitaker pada tahun 1969 mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 kingdom, yaitu: Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

    Sistem klasifikasi Linnaeus tetap digunakan sampai sekarang karena sifatnya yang sederhana dan fleksibel. Nama-nama yang digunakan dalam sistem klasifikasi Linnaeus ditulis dalam bahasa latin karena pada zaman Linnaeus bahasa latin merupakan bahasa yang dipakai untuk pendidikan resmi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel