3 Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Sederhana Tapi Sangat Ampuh

Cara membuat perangkap nyamuk

Cara membuat perangkap nyamuk - Nyamuk adalah hewan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, hewan yang satu ini sangat suka menghisap darah manusia, terlebih lagi ketika malam hari saat seseorang tengah tidur pulas. Namun perlu Anda tau, ternyata nyamuk menghisap darah manusia bukan sebagai bahan makanan utama.

Nyamuk yang menghisap darah manusia adalah nyamuk betina, tujuanya menghisap darah manusia untuk mendapatkan protein agar telur-telurnya menjadi lebih subur.

Tentunya ini sangat menyebalkan jika nyamuk betina mengigit Anda, biasanya Anda akan merasakan gatal-gatal dan muncul benjolan kecil berwarna merah. Bukan hanya itu saja, gigitan nyamuk ini juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, apabila Anda digigit oleh nyamuk aedes aegypty.

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang tidak boleh Anda anggap remeh, seperti dikutip dari situs kementrian kesehatan republik indonesia tercatat pada tahun 2016 ada 202,314 orang di indonesia yang mengalami DBD atau demam berdarah, dan 1,593 di antaranya tidak terselamatkan (meninggal dunia).

Bukan hanya jenis nyamuk aedes aegypty yang harus Anda waspadai, jenis nyamuk lainya yang sangat berbahaya adalah jenis culex.

Gigitan dari nyamuk culex dapat menyebabkan penyakit malaria, penyakit malaria juga tidak bisa di anggap remeh, tercatat di tahun 2017, di indonesia telah ditemukan 261.671 orang yang terkena malaria dan 100 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan nyamuk ini, sebab Kemenkes RI menyatakan 72% penduduk di indonesia tinggal di daerah bebas malaria. Sedangkan daerah rawan terhadap serangan nyamuk malaria adalah Papua, Papua barat, dan NTT.

Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Sederhana Tapi Sangat Ampuh

Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Sederhana Tapi Sangat Ampuh
palembang.tribunnews.com
Mungkin Anda sering kali kesal, ketika sedang tidur pulas terus digigit oleh nyamuk, selain membuat gatal-gatal, serangan dari nyamuk ini tentu membuat Anda yang sedang tidur menjadi tergangu.

Hal ini karena bunyi dari kepakan sayap nyamuk yang terkadang lewat di samping telinga kita yang bunyinya cukup nyaring, yang dapat membangunkan Anda dari tidur pulas.

Untuk solusi mengusir nyamuk, biasanya Anda menggunakan obat nyamuk bakar, namun asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk ini bukan hanya akan menganggu nyamuk, tetapi kita juga akan ikut tergangu karena aromanya tidak enak.

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat alat perangkap nyamuk yang ampuh membasmi nyamuk-nyamuk yang menggangu, tutorial dibawah ini hanya menggunakan alat-alat sederhana seperti botol bekas dan lain sebagainya yang tidak menguras kantong.

1. Menggunakan Botol Aqua Bekas

Menggunakan botol bekas lebih hemat biaya dibanding menggunakan perangkap nyamuk prototi
WikiHow
Langkah pertama, siapkan satu buah botol plastik bekas berukuran tidak terlalu kecil, kira-kira 1 liter saja cuci hingga bersih. Lalu potong bagian atas botol (seperti gambar diatas) menjadi dua.

Langkah kedua, menyiapkan kandungan CO2 yang dapat memancing nyamuk untuk datang masuk kedalam jebakan. Pertama siapkan 50 gram gula pasir atau gula merah, lalu tambahkan air sebanyak 200 ml atau 1 gelas air berukuran sedang. Setelah itu aduk kedua bahan tersebut hingga merata

Langkah ketiga, masukan bahan yang sudah dibuat sebelumnya kedalam botol (lihat contoh gambar dibawah)

Cara membuat jebakan nyamuk dengan botol aqua
wikiHow
Jangan lupa tambahkan ragi sebanyak 2 sdm, tujuan penambahan ragi untuk mempercepat proses penguapan air gula menjadi CO2, jika Anda tidak menambahkan ragi tidak masalah akan tetapi, tanpa menambahkan selain ragi, proses penguapan air gula menjadi CO2 akan menjadi sedikit lebih lama.

Langkah keempat, pasang bagian botol yang telah dipotong sebelumnya dengan terbalik (lihat contoh gambar dibawah) lalu tambahkan solatip pada pinggiranya agar tidak ada celah untuk nyamuk keluar.

Menggunakan botol bekas lebih hemat biaya dibanding menggunakan perangkap serangga nyamuk prototi
Wikihow
Langkah terakhir, letakan di tempat disekitar rumah Anda yang minim cahaya atau gelap, karena lalat sangat menyukai tempat gelap, seperti di bawah kasur, gudang, dan dibawah meja.

Cara kerja dari alat ini adalah memancing agar nyamuk mau masuk kedalam botol tersebut, dan ketika nyamuk sudah masuk, ia tidak akan bisa keluar dan terjebak pada air gula yang lengket.

Silahkan rutin melakukan pengecekan terhadap alat ini seminggu sekali, dan jika dirasa air gula tersebut sudah kering dan tidak bisa mendatangkan nyamuk, silahkan ganti dengan yang baru.

Jika Anda khawatir botol ini dikerumuni oleh semut, letakkan perangkap lalat ini ini diatas piring berisi air, fungsinya adalah mencegah semut mengerumuni botol ini.

2. Menggunakan Piring Plastik dan Minyak Goreng

Cara membuat perangkap nyamuk selanjutnya adalah dengan piring plastik dan minyak goreng. Cara ini hampir sama seperti menggunakan raket nyamuk, namun cara ini lebih sederhana, yaitu dengan mengibaskan piring yang berlapis minyak ke arah nyamuk, maka nyamuk tersebut akan menempel dan terjebak.

Cara pembuatan:

1. Yang pertama, Anda harus menyiapkan piring plastik yang cukup lebar, semakin lebar semakin bagus.

2. Lumuri piring plastik tersebut menggunakan minyak goreng (sedikit saja) hanya sekitar 1 sendok makan. Dan ingat jangan berlebihan ketika mengoleskannya dengan minyak, jangan sampai jika dibalik minyak yang ada pada piring plastik menjadi tumpah.

Menangkap nyamuk dengan piring plastik
Youtube: Gudang Tutorial
 3. Tahap terakhir, kibaskan piring plastik ini ke nyamuk, maka nyamuk akan terjebak dan menempel pada piring plastik ini (seperti contoh gambar dibawah). Cara ini hanya untuk Anda yang tidak memiliki raket nyamuk, jika memiliki raket nyamuk lebih baik gunakan saja raket nyamuk.

Menggunakan Piring Plastik dan Minyak Goreng
Youtube: Gudang Tutorial

Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Elektrik Sendiri di Rumah

Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Elektrik Sendiri di Rumah
Perangkapnyamuksuper.blogspot.com
Perangkap nyamuk elektrik atau menggunakan tenaga listrik merupakan cara paling efektif untuk memberantas nyamuk, penggunaan alat ini untuk mengusir nyamuk cukup mudah, Anda tinggal menyalakannya dan cek di pagi harinya maka akan banyak nyamuk yang terjebak.

Alat perangkap nyamuk elektrik ini banyak tersedia di pasaran dan toko online, seperti perangkap nyamuk merk prototi dan mitsui.

Harga jebakan nyamuk ini dipasaran pun beragam, mulai dari yang termurah Rp.25.000 dan termahal Rp.300.000. Jika Anda mempunyai bujet yang cukup, silahkan beli saja perangkap nyamuk yang ada di toko-toko.

Namun jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa membuat perangkap nyamuk ini sendiri di rumah dan tentunya akan lebih hemat biaya.

1. Cara  Membuat Alat Perangkap Nyamuk Elektrik Dengan Lampu Ultraviolet

Yang pertama siapkan alat alat berikut; CPU Fan 220V 0,13A bis beli di toko online harganya cuma Rp.15.000-an, LED strip Ultraviolet (UV) 12V warna biru panjang 0,5 meter sudah cukup, harganya sekitar Rp.15.000-an, 2 buah adaptor 12V (harganya Rp.15.000-an tergantung kualitas), wadah atau toples plastik transparan ukuran sedangkawat kasa (ukurannya sesuaikan wadah toples), sekrup, isolasi (double tap)

Langkah-langkah pembuatan:

1. Lubangi tutup wadah tersebut sesuaikan dengan ukuran kipas CPU fan, lalu skrup, jangan lupa sebelum itu sambungkan kipas CPU fan ke adaptor.

Cara  Membuat Alat Perangkap Nyamuk Elektrik Dengan Lampu Ultraviolet
Caratekno.com


2. Sambungkan lampu strip ke adaptor.

Caratekno.com
3. Perhatikan gambar dibawah ini.

Caratekno.com

4. Selanjutnya, lubanngi bagian toples plastik dan pasang kawat kasa, tujuanya sebagai sirkulasi udara untuk kipas.

Caratekno.com
5. Terakhir pasangkan tutupnya dan toplesnya, lalu letakkan di tempat yang minim cahaya atau gelap.

Cara kerjanya, sinar ultraviolet akan memancing kedatangan nyamuk, setelah itu nyamuk yang datang akan terhisap kedalam toples dan terjebak. Gunakanlah alat ini saat malam hari, yaitu waktu dimana nyamuk sedang aktif.

3 Tips Agar di Rumah Anda Tidak Terdapat Banyak Nyamuk

Setelah mengetahui tutorial cara membuat perangkap nyamuk elektrik dan non elektrik diatas, Anda jangan lupa melakukan tips ini, agar populasi nyamuk dirumah Anda menurun secara derastis.

1. Jagalah Kebersihan Rumah dan Jangan Biarkan Adanya Genangan Air

Kebersihan rumah menjadi faktor penting yang harus Anda perhatikan agar bebas dari nyamuk. Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar rumah Anda apa terdapat genangan air, jika ada buanglah genangan air tersebut, karena akan memancing nyamuk untuk berkembang biak disitu, dan jangan lupa tutup rapat bak atau drum penyimpanan air dirumah Anda.

2. Memasang Jaring Pada Ventilasi Rumah

Memasang jaring pada setiap ventilasi dirumah Anda dapat membatu mencegah datangnya nyamuk dari luar masuk ke rumah Anda, cara ini cocok untuk Anda yang tinggal didekat hutan atau kebun, karena biasanya terdapat banyak sekali nyamuk.

3. Ruangan atau Kamar Usahakan Jangan Minim Cahaya (Gelap)

Serangga sangat menyukai tempat yang lembab, dingin dan gelap, untuk mencegah nyamuk betah tinggal dikamar Anda sebaiknya jangan biarkan ruangan kamar Anda minim cahaya.

Demikianlah artikel tentang cara membuat perangkap nyamuk, semoga bermanfaat untuk membasmi nyamuk-nyamuk nakal dari rumah Anda.

Baca Juga: 19 Cara Sederhana Ini Efektif Mengusir Lalat Hingga Tuntas

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Sederhana Tapi Sangat Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel