7 Cara Mudah Mengamankan Akun Gmail dari Serangan Hacker

Banyak orang yang mengirimkan file, dokumen atau pesan melalui email google atau gmail. Selain untuk mengirim pesan, gmail juga banyak digunakan untuk mendaftar akun, misalnya akun facebook, akun adsense, akun youtube dan lainya.

Banyak orang yang takut jika akun gmailnya di bobol orang (hacker) karena mungkin didalaamnya terdapat file penting atau privasi yang tidak boleh dilihat orang lain. Sebab jika akun gmail Anda dibobol oleh orang lain, kemungkinan file atau data yang ada pada akun gmail Anda akan dicuri oleh hacker tersebut.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu cemas berlebih, sebab akun gmail yang dibuat oleh google ini mempunyai beragam fitur keamanan yang canggih, sehingga sulit untuk diretas oleh hacker.

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Jika Anda merasa bahwa akun gmail Anda sangat penting, Anda wajib melindunginya dari sekarang, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara agar akun google Anda menjadi lebih aman daripada sebelumnya, dan tentunya dapat mengurangi rasa cemas akun di bobol orang jahat.

1. Gunakan Pasword yang Kuat


Hal paling penting untuk menjaga keamanan akun, adalah pasword, pasword adalah kuncinya, dengan pasword maka orang lain dapat mengakses akunmu sesuka hati, bahkan bisa mencuri data yang ada di dalamnya.

Oleh sebab itu, disini jika kamu ingin akun gmail aman dari peretasan maka buatlah pasword yang kuat.

Pasword yang kuat sangat penting sekali, mengingat di era digital saat ini, hacker punya banyak cara untuk mengetahui kata sandi yang kamu gunakan, seperti Brute force attack, Dictionary attack, Phising dll.

Untuk membuat pasword yang kuat dan yang pasti mudah di ingat agar kamu tidak lupa... sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol dalam membuat pasword.

Selengkapnya: Tips Membuat Pasword yang Kuat (Sulit di bobol)

2. Menambahkan Email Pemulihan

Email pemulihan... ketika sedang membuat akun gmail, kita pasti diminta menambahkan email pemulihan namun bersifat opsional dan terkadang kita tidak menambahkannya.

Sebelumnya... apakah kalian tau, apa itu email pemulihan? dan apa fungsinya.

Email pemulihan ini sangat penting bisa menjadi kunci kedua untuk mengakses akun kamu.

Jadi ketika kamu mengalami problem seperti; lupa pasword, lupa no hp (gmail), lupa email dan akun diretas, maka masalah itu dapat dengan mudah di atasi, tanpa repot dan ribet.

Ingin tau lebih lanjut tentang pemulihan akun google gmail, dan bagaimana cara mengaktifkannya, silahkan baca; Alamat email Pemulihan Gmail

3. Mengaktifkan keamanan tambahan Verifikasi 2 Langkah


Cara mengamankan akun gmail paling tepat, yaitu mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 langkah merupakan fitur tambahan pada gmail yang sangat bermanfaat untuk melindungi akun gmail kamu. Cara kerja dari fitur ini hampir sama dengan fitur token PIN pada internet banking.

Ketika Anda akan login pada akun gmail dan telah memasukan email dan pasword dengan benar, pada umumnya maka akan otomatis berhasil masuk, namun jika menggunakan fitur ini maka kamu masih belum bisa masuk mengaksesnya.

Google akan mengirimkan kode 6 digit ke nomor hp kamu dalam bentuk SMS, masukan kode yang dikirim oleh google, maka kamu akan bisa masuk ke akun gmail, akan tetapi jika kode salah, kamu tidak akan bisa mengaksesnya.

Untuk kamu yang masih belum mengerti dengan lapisan keamanan tambahan ini dan ingin mengaktifkannya, kamu bisa baca; Verifikasi 2 Langkah Gmail

4. Jangan Lupa Logout Akun Gmail Anda Jika di Warnet

Jika kita pergi ke warnet dan memasukkan akun gmail disana, maka setelah jam pemakaian habis, biasanya akun email akan tersimpan di komputer itu (masih nyangkut), terlebih lagi OP warnetnya nakal, bisa hangus dah akun mu.

Jadi solusinya... usahakan sebelum jam pemakaian komputer habis, pastikan kamy telah mengeluarkan akun (logout). Ini juga berlaku pada perangkat lain, seperti HP teman, laptop teman dll.

Karena warnet diakses secara umum, pastikan kamu tidak menyimpan pasword di browser (pembahasan di No 5).


5. Jangan Menyimpan Pasword Akun Pada Browser

Apabila kamu login, baik menggunakan akun gmail, facebook, instagram dan twiter. pastikan untuk tidak menyimpannya... biasanya ketika kita memasukkan pasword, maka browser otomatis akan mengirimkan notifikasi atau pilihan untuk menyimpan pasword atau tidak

Apabila kamu pilih opsi Yes, maka otomatis pasword kamu akan tersimpan di browser perangkat tersebut.

Fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat, jadi kamu tidak perlu memasukkan ulang pasword kamu jika ingin login.

Tetapi fitur ini jangan kamu aktifkan selain di perangkat pribadi, karena akan ketauan oleh orang lain.

Jika kamu ingin menghapus pasword yang tersimpan di browser, caranya gampang, tinggal buka browser lalu, clear browsing data dengan cara menekan ctrl + shift + delete, centang Passwords and other sign data, lalu klik clear data.

6. Berhati-hati Dengan Web Phising


Phising merupakan teknik mencuri pasword yang paling banyak digunakan hacker untuk mendapatkan data akun seseorang. Seorang hacker biasanya akan membuat halaman palsu (seperti gambar diatas).

Jika kita perhatikan, halaman facebook tersebut seperti asli, namun Anda perlu melihat url atau domain pada website facebook tersebut.

Setelah di perhatikan, ternyata url nya fecbuuk.com dari sini mulai ketahuan, bahwa ini halaman phising, jika kamu memasukkan data login seperti email dan pasword maka email dan pasword anda akan berhasil dicuri oleh hacker.

Cara mengetahui itu halaman phising atau bukan yaitu dengan cara melihat url nya, jika halaman facebook, pastinya urlnya facebook.com bukan fecbuuk.com.

Begitupula dengan situs sosial media lainya seperti, wa, twiter, google gmail, situs-situs game online dll.

7. Mengecek Perangkat yang Terhubung

Kita harus mengecek perangkat yang terhung dengan akun gmail kamu, kalian cek, apabila ada perangkat yang tidak dikenal mengakses akun gmail... dari sini akan bisa ketauan.

Untuk cara mengetahuinya... gampang sekali, buka https://myaccount.google.com/security lalu pilih Amankan akun, kemudian klik Perangkat Anda.


Dari sini bisa ketauan, perangkat yang terhubung dengan akun gmail mu, jika kamu cek, dan terdapat perangkat yang tidak dikenal, langsung saja klik (titik tiga) dan pilih Logout, lalu segera ganti kata sandi akun gmail.

Silahkan praktekkan tutorial diatas, dengan begini kamu berhasil 'mengunci' gmail menjadi lebih aman. Jika anda memiliki saran atau tambahan yang menyangkut tentang artikel ini (cara mengamankan akun gmail)

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mudah Mengamankan Akun Gmail dari Serangan Hacker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel