8 Cara Mudah Mengamankan Akun Gmail dari Serangan Hacker

Cara mengamankan akun gmail

Cara mengamankan akun gmail - Banyak orang yang mengirimkan file, dokumen atau pesan melalui email google atau gmail. Selain untuk mengirim pesan, gmail juga banyak digunakan untuk mendaftar akun, misalnya akun facebook, akun adsense, akun youtube dan lainya.

Banyak orang yang takut jika akun gmailnya di bobol orang (hacker) karena mungkin didalaamnya terdapat file penting atau privasi yang tidak boleh dilihat orang lain. Sebab jika akun gmail Anda dibobol oleh orang lain, kemungkinan file atau data yang ada pada akun gmail Anda akan dicuri oleh hacker tersebut.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu cemas berlebih, sebab akun gmail yang dibuat oleh google ini mempunyai beragam fitur keamanan yang canggih, sehingga sulit untuk diretas oleh hacker.

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Jika Anda merasa bahwa akun gmail Anda sangat penting, Anda wajib melindunginya dari sekarang, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara agar akun google Anda menjadi lebih aman daripada sebelumnya, dan tentunya dapat mengurangi rasa cemas akun di bobol orang jahat.

1. Gunakan Pasword yang Sulit ditebak


Pasword adalah hal terpenting untuk menjaga akun gmail Anda, jadi hal ini harus Anda pikirkan dengan baik. Jangan pernah Anda memakai pasword gmail yang sangat mudah ditebak seperti tanggal lahir, nomor secara urut, nama akun, dll.

Gunakanlah kombinasi huruf besar, huruf kecil dan juga angka, dengan begitu pasword gmail Anda akan semakin sulit untuk ditebak.

Menggunakan pasword dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka biasanya membuat Anda lupa, jadi pastikan Anda menuliskan pasword gmail Anda di kertas, agar jika suatu hari lupa pasword, Anda tidak perlu begitu panik.

Baca juga: Cara Mengganti Pasword Akun Gmail

2. Menambahkan Nomor Hp


Cara mengamankan akun gmail yang kedua adalah dengan menambahkan nomor handphone. Jika Akun gmail Anda belum menambahkan nomor Hp, sebaiknya tambahkan dari sekarang, apabila Anda tidak mengetahui cara menambahkan nomor hp pada akun gmail, silahkan baca artikel berikut;

Baca Juga: Cara Menambahkan Nomor Ponsel Pemulihan Pada Akun Gmail

Fungsi dari nomor hp pada akun gmail yaitu untuk jaga-jaga jika Anda lupa pasword, atau pasword gmail Anda dirubah orang yang tidak dikenal. Jadi apabila Anda lupa pasword, biasanya akan disuruh memasukan no hp, maka masukan saja no hp gmail Anda, maka gmail akan mengirimkan kode pada handphone Anda untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Aktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah

Menambahkan Nomor Hp
nesabamedia.com
Fitur verifikasi 2 langkah merupakan fitur tambahan pada gmail yang sangat bermanfaat untuk melindungi akun gmail Anda. Cara kerja dari fitur tambahan ini hampir sama dengan fitur token PIN pada internet banking.

Ketika Anda akan login pada akun gmail dan telah memasukan nama email dan pasword dengan benar, jika menggunakan fitur ini maka tidak akan langsung masuk.

Google akan mengirimkan kode ke nomor hp Anda dalam bentuk SMS, masukan kode yang dikirim oleh google maka Anda akan masuk ke akun gmail, akan tetapi jika kode salah, Anda tidak akan bisa masuk ke gmail Anda.

Baca Juga: Cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada akun gmail

4. Jangan Lupa Logout Akun Gmail Anda Jika di Warnet

Jangan Lupa Logout Akun Gmail Anda Jika di Warnet
rmolsumsel.com
Jika kita pergi ke warnet dan memasukkan akun gmail disana, maka setelah jam pemakaian habis, biasanya akun email akan tersimpan di komputer itu.

Jadi solusinya adalah, usahakan sebelum jam pemakaian komputer habis, pastikan Anda telah mengeluarkan akun Anda (logout) dan pastikan jika ada notifikasi bar untuk save akun (seperti gambar diatas) kllik dont save.

Bukan hanya pada warnet, Anda juga harus memwaspadainya jika akan login menggunakan laptop atau smartphone teman anda. Takutnya email dan pasword gmail tersimpan disana.

5. Jangan Menyimpan Pasword Akun Pada Browser

Jangan Menyimpan Pasword Akun Pada Browser
nesabamedia.com
Apabila anda akan login baik menggunakan akun gmail, facebook, instagram dan twiter. pastikan untuk tidak menimpanya. Biasanya ketika kita sedang login, maka browser otomatis mengirimkan notifikasi atau pilihan untuk menyimpan pasword atau tidak

Jika Anda memilih 'dont save' maka mungkin anda akan sedikit kerepotan, karena setiap kali akan mengunjungi gmail atau sosial media, maka anda harus memasukkan pasword kembali.

Namun jika Anda memilih 'save' maka anda tidak harus memasukkan detail login (email dan pasword) lagi. Akan tetapi hal ini bisa menyebabkan sedikit bahaya, yaitu jika laptop Anda dicuri orang, maka pencuri tersebut akan mengatahui pasword Anda.

6. Jangan Beritahukan Pasword Anda Pada Orang Lain

Jangan Beritahukan Pasword Anda Pada Orang Lain
rahadiona.blogspot.com
Pasword merupakan privasi setiap individu, oleh sebab itu sebaiknya anda tidak usah memberitahukan pasword akun anda kepada orang lain, walaupun kepada teman dekat sekalipun.

Hal yang dikhawatirkan yaitu pada suatu saat teman anda akan berkhianat, lalu akun anda di hack.

Kemungkinan lain yang dapat terjadi ialah ketika dikemudian hari, akun gmail anda terkena hack, otomatis anda akan menuduh teman anda yang melakukanya, bisa jadi bukan teman anda pelakunya, tentunya hal ini bisa memicu terjadinya perkelahian.

7. Berhati-hati Dengan Web Phising

Berhati-hati Dengan Web Phising
nesabamedia.com
Phising merupakan metode yang sering dilakukan oleh seorang hacker untuk mendapatkan data akun seseorang. Seorang hacker biasanya akan membuat halaman palsu (seperti gambar diatas).

Jika kita perhatikan, halaman facebook tersebut seperti asli, namun Anda perlu melihat url pada halaman facebook tersebut.

Setelah di perhatikan, ternyata url terssbut adalah fezbuuk.com dari sini mulai ketahuan, bahwa ini halaman phising, jika anda memasukkan data login seperti email dan pasword maka email dan pasword anda akan berhasil dicuri oleh hacker.

Cara mengetahui itu halaman phising atau bukan yaitu dengan cara melihat url nya, jika halaman facebook, pastinya urlnya facebook.com bukan fezbuuk.com.

Begitupula dengan situs sosial media lainya seperti, wa, facebook, twiter, gmail, bahkan situs-situs game online.

Biasanya sang hacker akan menyebarkan link-link halaman phising ini melalui spam, misal, spam via email, via facebook dll. yang jika kita klik link tersebut ternyata bukanlah link sebenarnya melainkan link phising.

8. Menghapus Riwayat Pada Browser

Menghapus data browsing seperti riwayat, pasword, cahce dan cookies yang tersimpan pada bowser bukan hanya untuk melindungi akun gmail saja, cara ini juga bisa melindungi akun penting lainnya.

Untuk tutorial menghapusnya sendiri terbilang mudah, anda cukup menekan tombol Ctrl + Shift + Del lalu klik tombol everything dan klik tombol clear (untuk browser mozila firefox).

nesabamedia.com
Jika Anda menggunakan google chrome, tekan tombol Ctrl + Shift + Del, klik tombol the beginning of time dan klik Clear Now / Clear Browsing Data.

Menghapus Riwayat Pada Browser Google
nesabamedia.com
Penutup

Silahkan praktekkan tutorial diatas, dengan begini Anda harusnya bisa lebih tenang, karena akun anda bisa dibilang aman dari tangan orang-orang jahil. Jika anda memiliki saran atau tambahan yang menyangkut tentang artikel ini (cara mengamankan akun gmail) silahkan tulis di kolom komentar dibawah, Terimakasih.

0 Response to "8 Cara Mudah Mengamankan Akun Gmail dari Serangan Hacker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel