10 Cara Ini Efektif Mengusir Lalat Hingga Tuntas

Cara Mengusir Lalat

Cara Mengusir Lalat - Ada beragam jenis lalat di dunia, jenis yang paling banyak ditemui adalah musca domestican atau disebut juga ‘lalat rumah’ jenis lalat ini sering kita temukan di area perumahan, termasuk di rumah-rumah kita.

Lalat merupakan hewan yang sangat suka hinggap di tempat kotor, seperti pada tempat sampah, bangkai hewan dan kotoran. Pada lengan dan kaki lalat terdapat ribuan rambut kecil, hal ini memungkinkan ketika hinggap disuatu tempat, maka bakteri akan ikut menempel pada lengan dan kaki lalat.

Hal inilah yang menyebabkan pada kaki dan lengan lalat terdapat ratusan jenis bakteri, virus dan parasit penyebab penyakit. Bakteri tersebut akan dengan mudah berpindah jika lalat hinggap disuatu tempat, apalagi jika lalat hinggap pada makanan Anda.

Hanya butuh waktu sekitar 1-2 detik saja, maka makanan Anda telah terkontaminasi bakteri yang dibawa oleh lalat. Kabar baiknya, bakteri atau kuman penyakit yang dibawa lalat tidak dapat bertahan hidup begitu lama diatas permukaan makanan, hanya butuh waktu beberapa jam maka bakteri tersebut akan mati.

Yang mengkhawatirkan adalah jika Anda langsung memakan makanan yang baru saja dihinggapi lalat, karena bakteri tersebut dapat berkembang biak di dalam tubuh Anda dan menyebabkan infeksi atau masalah kesehatan.

Badan kesehatan dunia atau WHO menyatakan bahwa ada beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh lalat yaitu; Disentri, diare, tipes, infeksi kulit, infeksi mata dan disentri.

Melihat fakta bahwa lalat dapat menyebabkan penyakit berbahaya, pastikan selalu menjaga makanan agar tersimpan dengan baik seperti pada etalase makanan, hal ini mencegah agar makanan tidak di hinggapi lalat, jika Anda masi bingung bagaimana cara mengusir lalat dirumah, silahkan simak artikel berikut.

Cara Mengusir Lalat dari Dalam Rumah dan Dari Warung Makan

Cara Mengusir Lalat dari Dalam Rumah dan Dari Warung Makan
Sumber: pekanbaru.tribunnews.com
Mengetahui fakta bahwa lalat adalah hewan yang dapat menyebarkan bakteri, virus atau bahkan parasit, tentu Anda tidak menginginkan terdapat hewan menjijikan ini dirumah Anda.

Apalagi untuk Anda yang memiliki usaha warung makan (warteg) hewan ini bisa menurunkan angka pembeli, karena lalat memiliki kesan yang "kotor" dimata orang-orang sehingga pembeli enggan datang ke warung Anda karena merasa tempat tersebut kotor.

Untuk mengusir lalat dari rumah Anda, sebenarnya caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan disekitar Anda, dan selalu menutup rapat tempat sampah agar tidak mengundang kedatangan lalat.

Tanpa melakukan hal diatas, cara-cara yang akan saya jelaskan berikut ini untuk mengusir lalat bisa dibilang "percuma saja" karena hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam mengusir lalat agar tidak kembali lagi adalah dengan menjaga kebersihan.

Dengan selalu menjaga kebersihan pastinya lalat akan menjauh pergi, karena lalat tidak menyukai tempat-tempat yang bersih, melainkan menyukai tempat-tempat kotor yang terdapat bahan organik.

Berikut merupakan beberapa cara untuk mengusir lalat yang bisa Anda lakukan:


1.  Dengan Menggunakan Lilin

Dengan Menggunakan Lilin
Sumber: properti.kompas.com
Sering kali kita jumpai bahwa ada beberapa rumah makan yang menyalakan lilin di atas meja makan atau pada etalase makanan.

Fungsi dari lilin ini ternyata adalah untuk mengusir lalat. Lalat tidak berani mendekat karena suhu udara disekitar lilin begitu panas, dan juga lalat adalah hewan yang menyukai kelembapan, hal ini tentu akan membuat lalat menjauh dari tempat tersebut.

Selain lalat, cara ini juga efektif untuk mengusir hewan kecil pengangu lainya seperti semut.

Kekurangan menggunakan lilin adalah tentu sangat boros, karena lilin bisa cepat habis dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kekurangan lainya adalah cara ini tidak cocok di terapkan ditempat ‘outdor’ atau diluar ruangan, karena api pada lilin bisa dengan mudah padam.

2. Dengan Memakai Kipas Angin 

Dengan Memakai Kipas Angin
Sumber: jualo.com
Cara ini terbilang sangat mudah sekali, cukup nyalakan kipas angin kearah yang terdapat banyak lalat, maka lalat tersebut akan pergi, karena tubuh lalat yang kecil akan terhempas oleh derasnya angin.

Metode yang satu ini cocok diterapkan di dalam rumah atau pada rumah makan (warteg), selain dapat mengusir lalat, dengan cara ini juga dapat membuat udara menjadi lebih sejuk, apalagi pada saat siang hari yang cuaca begitu terik dan panas.

Kekurangan dari cara ini yaitu lalat bisa saja akan kembali datang jika Anda mematikan kipas angin.

NOTE: Ada beberapa cara mengusir lalat di internet, namun cara tersebut tidak faktual (sesuai fakta) seperti...

1. Dengan garam
2. Dengan bawang putih
3. Dengan daun pandan
4. Cengkeh
5. Dengan Plastik di isi air dan di gantung
6. Dengan daun pepaya
7. Aroma lavender atau daun lavender (bisa mengusir lalat bila sudah di ekstrak untuk mendapatkan zat aktif DEET atau gunakan produk jadinya saja seperti obat nyamuk).

8. Dengan kulit jeruk (bisa mengusir lalat bila sudah di ekstrak untuk mendapatkan zat aktif DEET atau gunakan produk jadinya saja seperti obat nyamuk).
9. Dengan jahe

Mengapa saya berani mengatakan bahwa cara mengusir lalat di atas tidak faktual alias hoax, karena telah di lakukan praktek lapangan dan hasilnya nihil, tidak memberikan dampak apapun.

Cara Membasmi Lalat

Cara Membasmi Lalat
Sumber: spesialisantirayap.com
Berbeda dengan cara mengusir lalat di rumah yang tujuanya hanya mengusir dan tidak membunuh lalat tersebut. Membasmi lalat adalah cara untuk mengurangi populasi lalat dengan cara membunuhnya, cara ini cocok Anda gunakan jika merasa kesal, karena tiap kali diusir, pada esok harinya lalat kembali datang.

1. Membasmi Lalat Dengan Obat Nyamuk Baygon Aerosol Citrus

Membasmi Lalat Dengan Obat Nyamuk baygon Aerosol Citrus
Sumber: JD.id
Jika Anda ingin cara instan untuk membasmi lalat, bisa juga menggunakan obat nyamuk merk ‘baygon Aerosol Citrus’ saya baca pada keterangan obat nyamuk ini, dapat membunuh lalat, nyamuk dan kecoa.

Tetapi ini menggunakan bahan kimia (tidak alami) saya sarankan tidak menggunakannya untuk warung makan atau restoran, karena takutnya makanan akan tercemar bahan berbahaya yang ada pada obat nyamuk ini.

2. Dengan Perangkap Lalat

Jika Anda tidak mau repot dalam membasmi lalat, silahkan Anda coba gunakan jebakan lalat jebakan ini seharga Rp.100.000.

Cara kerja alat ini yaitu dengan cara memancing lalat agar datang mendekat, lalu alat ini akan menghisap lalat masuk dan terjebak. Alat ini hanya berukuran 27x7 cm dan tentunya tidak terlalu menganggu dan tidak mengeluarkan suara bising.

Menurut saya alat ini lebih efektif daripada Anda harus menggunakan lem lalat atau raket nyamuk. Jika Anda ingin membelinya, silahkan cari di toko online atau warung terdekat.

Jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran biaya, Anda bisa membuat perangkap lalat sendiri di rumah dengan menggunakan botol bekas, jika ingin melihat tutorial pembuatanya, maka simak video berikut.



3. Dengan Raket Nyamuk

Dengan Raket Nyamuk
Sumber: youtube.com/pakmartin
Selain dapat digunakan untuk membasmi nyamuk, raket nyamuk juga bisa Anda gunakan untuk membasmi lalat. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu Anda hanya perlu mencari lalat, lalu libaskan raket ini ke lalat tersebut, maka lalat tersebut akan mati.

Menggunakan raket nyamuk nyatanya lebih mudah dan simpel dibandingkan Anda menggunakan cara jadul untuk membunuh lalat, yaitu dengan sapu lidi.

Kekurangan dari cara ini adalah jangan digunakan diarea dekat dengan makanan, bisa-bisa bangkai lalat yang mati akan jatuh masuk kedalam makanan.

4. Dengan Lem Lalat

Dengan Lem Lalat
Sumber: tokopedia.com
Cara terakhir untuk membasmi lalat adalah dengan menggunakan lem lalat, cara kerja lem ini adalah dengan membuat lalat yang hinggap tidak bisa terlepas dan akhirnya mati.

Cara kerjanya hampir mirip dengan lem tikus.

Saya baca-baca ternyata lalat menyukai aroma dari cuka, untuk memancing agar lalat datang, Anda bisa menggunakan cuka sebagai umpan atau bisa juga menggunakan tulang ayam seperti gambar diatas.

Jika ingin membelinya di toko online silahkan cek di Tokopedia, untuk harganya sendiri tergolong sangat murah, hanya sekitar Rp.1000-5000 per lembar.

Tips Mencegah Agar Lalat Tidak Datang Kembali

Tips Mencegah Agar Lalat Tidak Datang Kembali
Sumber: womantalk.com
Sudah mempraktekkan cara diatas?…

…Jika sudah mempraktekkan cara diatas, perhatikan juga faktor-faktor berikut ini, jika Anda ingin terbebas 100% dari gangguan lalat.

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan
Sumber: intisari.grid.id
Lalat sangat suka dengan bahan organik seperti sisa-sisa makanan atau sayuran, hal ini karena lalat menyukai makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

Oleh karena itu pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya dan tutup rapat tempat sampah agar tidak mengundang kedatangan lalat, serta pastikan lingkungan disekitar seperti pada halaman rumah bebas dari sampah.

2. Pastikan Peralatan Dapur Bersih

Pastikan Peralatan Dapur Bersih
Sumber: hellosehat.com
Sisa-sisa makanan merupakan hal yang sangat disukai lalat, oleh karena itu pastikan Anda menjaga kebersihan peralatan dapur.

Jangan biarkan pring-piring kotor sisa makanan menumpuk, biasakan langsung segera mencucinya, jika dibiarkan menumpuk nantinya akan mengundang kedatangan lalat.

3. Menaruh Makanan di Tempat Makanan (Etalase)

Menaruh Makanan di Tempat Makanan (Etalase)
Sumber: tokopedia.com
Jika Anda adalah seorang penjual makanan, letakanlah makanan tersebut pada tempat yang tertutup rapat (etalase makanan) dan juga pastikan tidak ada lubang atau celah yang dapat dimasuki lalat.

Dengan cara ini makanan yang Anda jual akan terlihat lebih rapih dan tentunya 100% aman dari gangguan lalat yang nakal.

4. Pastikan Lantai Rumah Bersih

Pastikan Lantai Rumah Bersih
Sumber: tipsmerawatrumahku.blogspot.com
Jika pada teras rumah lantai Anda banyak terdapat lalat, kemungkinan besar lantai tersebut kotor. Untuk mengatasinya Anda perlu mengepel lantai tersebut hingga bersih dan wangi. Jika lantai sudah bersih dan wangi, otomatis lalat akan pergi dari tempat tersebut.

Kuncinya dari mencegah agar lalat pergi dan tidak datang kembali adalah dengan terus menjaga kebersihan dilingkungan Anda dan lingkungan sekitar Anda, mengingat lalat sangat suka tempat-tempat yang kotor dan terdapat banyak sampah organik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, semoga Anda yang masih bertanya “bagaimana cara mengusir lalat di rumah” dengan adanya artikel ini semoga dapat memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Perangkap Nyamuk

3 Komentar untuk "10 Cara Ini Efektif Mengusir Lalat Hingga Tuntas"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Hello! I just wanted to ask if you ever have any issues
    with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I
    ended up losing several weeks of hard work due to no data
    backup. Do you have any methods to prevent hackers? fotballdrakter

    BalasHapus
    Balasan
    1. You should do early prevention by creating a strong password... .. I see, it looks like you are very interested in this blog, I offer, are you interested in becoming an investor to build a blog. I need $ 500 if you are interested in my offer, contact me at milhamaj012@gmail.com

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel