19 Cara Sederhana Ini Efektif Mengusir Lalat Hingga Tuntas

Cara Mengusir Lalat

Cara Mengusir Lalat - Ada beragam jenis lalat di dunia, jenis yang paling banyak ditemui adalah musca domestican atau disebut juga ‘lalat rumah’ jenis lalat ini sering kita temukan di area perumahan, termasuk di rumah-rumah kita.

Lalat merupakan hewan yang sangat suka hinggap di tempat kotor, seperti pada tempat sampah, bangkai hewan dan kotoran. Pada lengan dan kaki lalat terdapat ribuan rambut kecil, hal ini memungkinkan ketika hinggap disuatu tempat, maka bakteri akan ikut menempel pada lengan dan kaki lalat.

Hal inilah yang menyebabkan pada kaki dan lengan lalat terdapat ratusan jenis bakteri, virus dan parasit penyebab penyakit. Bakteri tersebut akan dengan mudah berpindah jika lalat hinggap disuatu tempat, apalagi jika lalat hinggap pada makanan Anda.

Hanya butuh waktu sekitar 1-2 detik saja, maka makanan Anda telah terkontaminasi bakteri yang dibawa oleh lalat. Kabar baiknya, bakteri atau kuman penyakit yang dibawa lalat tidak dapat bertahan hidup begitu lama diatas permukaan makanan, hanya butuh waktu beberapa jam maka bakteri tersebut akan mati.

Yang mengkhawatirkan adalah jika Anda langsung memakan makanan yang baru saja dihinggapi lalat, karena bakteri tersebut dapat berkembang biak di dalam tubuh Anda dan menyebabkan infeksi atau masalah kesehatan.

Badan kesehatan dunia atau WHO menyatakan bahwa ada beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh lalat yaitu; Disentri, diare, tipes, infeksi kulit, infeksi mata dan disentri.

Melihat fakta bahwa lalat dapat menyebabkan penyakit berbahaya, pastikan selalu menjaga makanan agar tersimpan dengan baik seperti pada etalase makanan, hal ini mencegah agar makanan tidak di hinggapi lalat, jika Anda masi bingung bagaimana cara mengusir lalat dirumah, silahkan simak artikel berikut.

Cara Mengusir Lalat dari Dalam Rumah dan Dari Warung Makan

Cara Mengusir Lalat dari Dalam Rumah dan Dari Warung Makan
Sumber: pekanbaru.tribunnews.com
Mengetahui fakta bahwa lalat adalah hewan yang dapat menyebarkan bakteri, virus atau bahkan parasit, tentu Anda tidak menginginkan terdapat hewan menjijikan ini dirumah Anda.

Apalagi untuk Anda yang memiliki usaha warung makan (warteg) hewan ini bisa menurunkan angka pembeli, karena lalat memiliki kesan yang "kotor" dimata orang-orang sehingga pembeli enggan datang ke warung Anda karena merasa tempat tersebut kotor.

Untuk mengusir lalat dari rumah Anda, sebenarnya caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan disekitar Anda, dan selalu menutup rapat tempat sampah agar tidak mengundang kedatangan lalat.

Tanpa melakukan hal diatas, cara-cara yang akan saya jelaskan berikut ini untuk mengusir lalat bisa dibilang "percuma saja" karena hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam mengusir lalat agar tidak kembali lagi adalah dengan menjaga kebersihan.

Dengan selalu menjaga kebersihan pastinya lalat akan menjauh pergi, karena lalat tidak menyukai tempat-tempat yang bersih, melainkan menyukai tempat-tempat kotor yang terdapat bahan organik.

Berikut merupakan beberapa cara untuk mengusir lalat yang bisa Anda lakukan:

1. Dengan Menggunakan Garam

Dengan Menggunakan Garam
Sumber: starjogja.com
Aroma yang terkandung pada garam sangat tidak disukai oleh lalat, dengan memanfaatkan aroma yang ada pada garam, Anda dapat dengan mudah mengusir ataupun mencegah lalat datang.

Untuk penggunaanya sendiri terbilang sangat mudah. Anda hanya tinggal menaburkan garam di lokasi yang sering dihinggapi lalat, dengan cara ini nantinya garam akan menguap dan menghasilkan aroma yang sangat dibenci lalat.

Otomatis lalat akan pergi dari tempat tersebut. Selain menggunakan cara diatas, Anda juga dapat mengusir lalat dengan cara memanfaatkan air atau larutan garam.

Hal pertama sediakan air, lalu masukan garam (seperlunya) lalu silahkan gunakan air garam tersebut untuk membersihkan peralatan dapur atau lantai yang sering di hinggapi lalat, cara ini efektif untuk mengusir lalat di dalam rumah Anda, ataupu pada warung makan yang banyak terdapat lalat.

2.  Dengan Menggunakan Daun Pandan

Dengan Menggunakan Daun Pandan
Sumber: www.tiananana.com
Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling mudah dan simpel, cara ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada restoran, warung makan, atau tempat makan dirumah Anda, seperti pada meja makan.

Daun pandan adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pewangi alami, kabar baiknya, ternyata lalat juga tidak menyukai aroma dari daun pandan. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mencegah ataupun mengusir lalat.

Cara pertama;
  1. Potong kecil-kecil daun pandan yang masi segar (hijau)             
  2. Masukan ptongan daun pandan tersebut kedalam wadah atau gelas 
  3. Lalu silahkan diletakan pada area yang Anda tidak ingin ada lalat disitu, seperti meja makan, etalase makanan dan lain sebagainya
Aroma yang dihasilkan dari daun pandan akan mencegah datangnya lalat, karena lalat sangat tidak suka dengan aroma daun pandan.

Cara pertama ini sering saya temukan ketika ada hajatan, di meja makan hotel-hotel dan kedai makanan.

Cara kedua;
  1. Siapkan daun pandan yang masih segar, lalu di tumbuk hingga halus (bisa juga diblender)
  2. Setelah daun pandan selesai ditumbuk, masukkan kedalam wadah berisikan air, aduk hingga rata 
  3. Silahkan gunakan air pandan tersebut untuk mengepel lantai rumah Anda
Cara kedua ini sangat ampuh untuk mencegah dan menghilangkan lalat yang suka hinggap dilantai rumah, dengan menggunakan air pandan untuk mengepel, selain membantu mengusir lalat, tentunya dapat membuat aroma di rumah Anda wangi.

Selain dapat mengusir lalat di rumah makan dan lantai rumah, daun pandan juga dapat digunakan untuk mengusir lalat pada tempat dagangan seperti ikan, ayam dan lain sebagainya cara ini sangat membantu jika Anda adalah seorang pedagang.

Untuk caranya cukup mudah, ambil beberapa helai daun pandan (seperlunya) lalu sobek-sobek sedikit daun pandan tersebut (agar aromanya keluar) dan letakan diatas ikan atau ayam dagangan Anda.

Selain dapat mengusir lalat, daun pandan juga dapat mengusir tungau, sebuah serangga berukuran sangat kecil yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

3.  Dengan Menggunakan Bawang Putih

Dengan Menggunakan Bawang Putih
Sumber: tribunnews.com
Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang mungkin sering Anda gunakan untuk memasak, namun taukah Anda bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengusir lalat.

Ya, bawang putih dapat digunakan untuk mengusir lalat, hal ini karena pada bawang putih mengandung minyak atsiri, aroma dari minyak atsiri ini sangat tidak disukai oleh lalat, selain tidak disukai lalat, aroma minyak atsiri juga tidak disukai nyamuk.

Lalu bagaimana cara kita memanfaatkan bawang putih untuk mengusir lalat atau nyamuk?

Pertama siapkan beberapa siung bawang putih (seperlunya) lalu masukan kedalam blender, tambahkan garam dan tambahkan sedikit air, setelah bawang menjadi halus dan berubah menjadi seperti jus, Anda bisa menyaringnya dari sisa ampas dan memasukanya kedalam botol semprot.

Langkah terakhir silahkan semprotkan di area yang sering dihinggapi lalat, seperti pada etalase makanan di rumah Anda.

4.  Dengan Menggunakan Daun Pepaya


Dengan Menggunakan Daun Pepaya
Sumber: www.abasozora.com
Lalat adalah hewan yang paling tidak disukai kehadirannya, karena lalat dapat menyebarkan bakteri yang terdapat pada kakinya.

Terkadang hewan ini juga suka hinggap diatas makanan, tentu jika makanan dihinggapi lalat akan memberikan kesan ‘jorok’.

Jika Anda sedang mengadakan pesta pernikahan atau hajatan hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara mencegah lalat agar tidak hingap di atas makanan, untuk solusinya Anda bisa menggunakan daun papaya untuk mengusir lalat yang bandel.

Cara ini terbilang cukup ampuh, karena banyak warga dipinggiran sungai Serayu memanfaatkan tanaman ini untuk mengusir lalat.

Caranya;
  1. Siapkan gelas berisikan air bersih 
  2. Siapkan 1 helai daun papaya yang masi segar, lalu potong sedikit bagian bawah daun pepaya sehingga dapat dimasukkan ke dalam gelas (bagian bawah biarkan terendam air dan bagian atas biarkan begitu saja tidak usah terendam air) fungsi dari merendam sebagian daun papaya adalah agar daun tetap segar dan tidak layu
  3. Letakan di meja makan, dan hias sesuka hati Anda agar dapat mempercantik meja makan
Dengan menggunakan cara ini, selain dapat mencegah datangnya lalat, juga dapat mengusir nyamuk dan membuat ruangan atau meja makan menjadi terlihat lebih cantik.

5.  Dengan Menggunakan Lilin

Dengan Menggunakan Lilin
Sumber: properti.kompas.com
Sering kali kita jumpai bahwa ada beberapa rumah makan yang menyalakan lilin di atas meja makan atau pada etalase makanan.

Fungsi dari lilin ini ternyata adalah untuk mengusir lalat. Lalat tidak berani mendekat karena suhu udara disekitar lilin begitu panas, dan juga lalat adalah hewan yang menyukai kelembapan, hal ini tentu akan membuat lalat menjauh dari tempat tersebut.

Selain lalat, cara ini juga efektif untuk mengusir hewan kecil pengangu lainya seperti semut.

Kekurangan menggunakan lilin adalah tentu sangat boros, karena lilin bisa cepat habis dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kekurangan lainya adalah cara ini tidak cocok di terapkan ditempat ‘outdor’ atau diluar ruangan, karena api pada lilin bisa dengan mudah padam.

6. Dengan Menggunakan Kantong Air? 

Dengan Menggunakan Kantong Air
Sumber: Hitekno.com
Cara ini bisa dibilang cukup aneh dan unik, yaitu dengan cara menggantung kantong air (plastik berisikan air) dan menaruh beberapa uang logam di dalamnya.

Fungsinya sendiri adalah membiaskan pandangan lalat agar mengira uang logam yang ada pada kantong plastik tersebut adalah monster.

Cara ini bisa dibilang fifty-fifty atau tidak bisa dipastikan 100% berhasil. Karena ada sebuah penelitian yang dilakukan seorang professor entomologi Mike Stringham dari Amerika melakukan uji coba di peternakan telur selama 13 minggu untuk mencari tau apakah cara ini efektif mengusir lalat atau tidak.

Setelah diamati, hasilnya adalah tidak ada perubahan, justru pada area yang di gantung kantong air tersebut tetap terdapat banyak lalat.

7. Dengan Memakai Kipas Angin 

Dengan Memakai Kipas Angin
Sumber: jualo.com
Cara ini terbilang sangat mudah sekali, cukup nyalakan kipas angin kearah yang terdapat banyak lalat, maka lalat tersebut akan pergi, karena tubuh lalat yang kecil akan terhempas oleh derasnya angin.

Metode yang satu ini cocok diterapkan di dalam rumah atau pada rumah makan (warteg), selain dapat mengusir lalat, dengan cara ini juga dapat membuat udara menjadi lebih sejuk, apalagi pada saat siang hari yang cuaca begitu terik dan panas.

Kekurangan dari cara ini yaitu lalat bisa saja akan kembali datang jika Anda mematikan kipas angin.

8. Menggunakan Bahan Dapur, Yaitu Serai

Menggunakan Bahan Dapur, Yaitu Serai
Sumber: trussehat.com
Jika Anda seorang ibu rumah tangga, tentu tidak asing dengan yang namanya serai, biasanya serai digunakan sebagai tambahan bumbu pada masakan. Namun kali ini akan kita gunakan untuk mengusir lalat.

Cara pertama;
  1. Siapkan batang serai segar (seperlunya) dan memarkan atau agak sedikit ditumbuk agar aromanya keluar
  2. Rebus batang serai tersebut dengan air mendidih sampai aroma pada batang serai keluar 
  3. Setelah air rebusan dingin, silahkan masukan air tersebut kedalam botol semprot 
  4. Dan yang terakhir, semprotkan air sereh ini pada tempat yang terdapat lalat
Cara tersebut cukup efektif untuk mengusir lalat, karena lalat tidak suka aroma dari serai, cara ini juga aman digunakan di rumah makan karena aman dan tentunya jika terkena makanan tidak apa-apa.

Namun berbeda jika Anda menggunakan obat anti serangga, jika terkena makanan, bisa-bisa makanan tersebut akan terkontaminasi dengan racun serangga tersebut.

Selain ampuh untuk mengusir lalat, ternyata aroma dari serai cukup ampuh untuk mengusir nyamuk, cocok sekali digunakan jika rumah Anda terdapat banyak nyamuk.

9. Menggunakan Aroma Lavender

Menggunakan Aroma Lavender
Sumber: lifestyle.okezone.com
Bunga lavender sering kali digunakan untuk minyak aroma terapi ataupun pewangi ruangan. Selain memiliki aroma yang khas dan menyegarkan, aroma dari bunga lavender ternyata bermanfaat mencegah dan mengusir kedatangan serangga seperti lalat dan nyamuk.

Minyak esensial dari bunga lavender dapat digunakan sebgai losion anti nyamuk, yang bisa Anda gunakan untuk mencegah gigitan nyamuk. Untuk mengusir lalat dengan bunga lavender, Anda bisa membeli pewangi ruangan atau pembersih lantai beraroma lavender.

Karena lalat tidak menyukai aroma bunga lavender, maka lalat akan pergi, selain lalat pergi, tentu ruangan menjadi wangi, dan aroma dari bunga lavender juga dapat menghilangkan stres.

10. Menggunakan Kulit Jeruk

Menggunakan Kulit Jeruk
Sumber: lifestyle.okezone.com
Mungkin kita sering meremehkan kulit jeruk, dan sering kali membuangnnya karena menganggap kulit jeruk tidak memiliki manfaat apapun.

Namun taukah Anda, bahwa aroma yang dihasilkan dari kulit jeruk dapat bermanfaat untuk mengusir serangga seperti lalat dan nyamuk. Oleh sebab itu banyak di luaran sana aerosol anti nyamuk dan serangga yang memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan utama roma dari kulit jeruk.

Hewan-hewan seperti lalat sangat tidak suka aroma dari kulit jeruk, tentu ini dapat Anda manfaatkan untuk mengusir hewan penggangu ini.

Untuk cara instan mengusir lalat dengan kulit jeruk, Anda bisa menggunakan produk seperti pewangi ruangan dan pembersih lantai beraroma jeruk, dan pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika Anda ingin cara lebih alami dan aman, Anda bisa memanfaatkan sendiri sisa kulit jeruk yang tidak terpakai, dengan cara menghaluskannya dengan blender dan tambahkan sedikit air, lalu masukan kedalam botol semprot dan semprotkan pada kerumunan lalat.

11. Menggunakan Jahe

Menggunakan Jahe
Sumber: solusicantiksehat.com
Seperti kita ketahui bersama bahwa jahe sering digunakan sebagai minuman penghangat tubuh yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa mual dan masuk angin. Tenryata jahe bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda, tetapi dapat mengusir serangga seperti lalat, nyamuk dan semut.

Lantas bagaimana cara mengusir serangga seperti lalat dengan menggunakan jahe, caranya cukup mudah, masukan 1 sdt bubuk jahe kering kedalam segelas air, aduk hingga merata, lalu masukan kedalam botol semprot, lalu semprotkan pada kerumunan lalat.

Lalat akan pergi dari tempat itu, karena tidak menyukai aroma dari jahe.

Cara Membasmi Lalat

Cara Membasmi Lalat
Sumber: spesialisantirayap.com
Berbeda dengan cara mengusir lalat di rumah yang tujuanya hanya mengusir dan tidak membunuh lalat tersebut. Membasmi lalat adalah cara untuk mengurangi populasi lalat dengan cara membunuhnya, cara ini cocok Anda gunakan jika merasa kesal, karena tiap kali diusir, pada esok harinya lalat kembali datang.

1. Membasmi Lalat Dengan Obat Nyamuk Baygon Aerosol Citrus

Membasmi Lalat Dengan Obat Nyamuk baygon Aerosol Citrus
Sumber: JD.id
Jika Anda ingin cara instan untuk membasmi lalat, bisa juga menggunakan obat nyamuk merk ‘baygon Aerosol Citrus’ saya baca pada keterangan obat nyamuk ini, dapat membunuh lalat, nyamuk dan kecoa.

Tetapi ini menggunakan bahan kimia (tidak alami) saya sarankan tidak menggunakannya untuk warung makan atau restoran, karena takutnya makanan akan tercemar bahan berbahaya yang ada pada obat nyamuk ini.

2. Dengan Perangkap Lalat

Jika Anda tidak mau repot dalam membasmi lalat, silahkan Anda coba gunakan jebakan lalat jebakan ini seharga Rp.100.000.

Cara kerja alat ini yaitu dengan cara memancing lalat agar datang mendekat, lalu alat ini akan menghisap lalat masuk dan terjebak. Alat ini hanya berukuran 27x7 cm dan tentunya tidak terlalu menganggu dan tidak mengeluarkan suara bising.

Menurut saya alat ini lebih efektif daripada Anda harus menggunakan lem lalat atau raket nyamuk. Jika Anda ingin membelinya, silahkan Klik Disini

Jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran biaya, Anda bisa membuat perangkap lalat sendiri di rumah dengan menggunakan botol bekas, jika ingin melihat tutorial pembuatanya, maka simak video berikut.



3. Dengan Raket Nyamuk

Dengan Raket Nyamuk
Sumber: youtube.com/pakmartin
Selain dapat digunakan untuk membasmi nyamuk, raket nyamuk juga bisa Anda gunakan untuk membasmi lalat. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu Anda hanya perlu mencari lalat, lalu libaskan raket ini ke lalat tersebut, maka lalat tersebut akan mati.

Menggunakan raket nyamuk nyatanya lebih mudah dan simpel dibandingkan Anda menggunakan cara jadul untuk membunuh lalat, yaitu dengan sapu lidi.

Kekurangan dari cara ini adalah jangan digunakan diarea dekat dengan makanan, bisa-bisa bangkai lalat yang mati akan jatuh masuk kedalam makanan.

4. Dengan Lem Lalat

Dengan Lem Lalat
Sumber: tokopedia.com
Cara terakhir untuk membasmi lalat adalah dengan menggunakan lem lalat, cara kerja lem ini adalah dengan membuat lalat yang hinggap tidak bisa terlepas dan akhirnya mati.

Cara kerjanya hampir mirip dengan lem tikus.

Saya baca-baca ternyata lalat menyukai aroma dari cuka, untuk memancing agar lalat datang, Anda bisa menggunakan cuka sebagai umpan atau bisa juga menggunakan tulang ayam seperti gambar diatas.

Jika ingin membelinya di toko online silahkan cek di Tokopedia, untuk harganya sendiri tergolong sangat murah, hanya sekitar Rp.1000-5000 per lembar.

Tips Mencegah Agar Lalat Tidak Datang Kembali

Tips Mencegah Agar Lalat Tidak Datang Kembali
Sumber: womantalk.com
Sudah mempraktekkan cara diatas?…

…Jika sudah mempraktekkan cara diatas, perhatikan juga faktor-faktor berikut ini, jika Anda ingin terbebas 100% dari gangguan lalat.

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan
Sumber: intisari.grid.id
Lalat sangat suka dengan bahan organik seperti sisa-sisa makanan atau sayuran, hal ini karena lalat menyukai makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

Oleh karena itu pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya dan tutup rapat tempat sampah agar tidak mengundang kedatangan lalat, serta pastikan lingkungan disekitar seperti pada halaman rumah bebas dari sampah.

2. Pastikan Peralatan Dapur Bersih

Pastikan Peralatan Dapur Bersih
Sumber: hellosehat.com
Sisa-sisa makanan merupakan hal yang sangat disukai lalat, oleh karena itu pastikan Anda menjaga kebersihan peralatan dapur.

Jangan biarkan pring-piring kotor sisa makanan menumpuk, biasakan langsung segera mencucinya, jika dibiarkan menumpuk nantinya akan mengundang kedatangan lalat.

3. Menaruh Makanan di Tempat Makanan (Etalase)

Menaruh Makanan di Tempat Makanan (Etalase)
Sumber: tokopedia.com
Jika Anda adalah seorang penjual makanan, letakanlah makanan tersebut pada tempat yang tertutup rapat (etalase makanan) dan juga pastikan tidak ada lubang atau celah yang dapat dimasuki lalat.

Dengan cara ini makanan yang Anda jual akan terlihat lebih rapih dan tentunya 100% aman dari gangguan lalat yang nakal.

4. Pastikan Lantai Rumah Bersih

Pastikan Lantai Rumah Bersih
Sumber: tipsmerawatrumahku.blogspot.com
Jika pada teras rumah lantai Anda banyak terdapat lalat, kemungkinan besar lantai tersebut kotor. Untuk mengatasinya Anda perlu mengepel lantai tersebut hingga bersih dan wangi. Jika lantai sudah bersih dan wangi, otomatis lalat akan pergi dari tempat tersebut.

Kuncinya dari mencegah agar lalat pergi dan tidak datang kembali adalah dengan terus menjaga kebersihan dilingkungan Anda dan lingkungan sekitar Anda, mengingat lalat sangat suka tempat-tempat yang kotor dan terdapat banyak sampah organik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, semoga Anda yang masih bertanya “bagaimana cara mengusir lalat di rumah” dengan adanya artikel ini semoga dapat memberikan solusi terbaik untuk Anda.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk Sederhana Tapi Sangat Ampuh

Belum ada Komentar untuk "19 Cara Sederhana Ini Efektif Mengusir Lalat Hingga Tuntas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel