Hukum Membunuh Cicak dalam Islam Hadits dan Dalilnya

Persoalan cicak ini, terdapat di hadits muslim nomor hadits 2238 riwayat saad bin abi waqqash termasuk juga pada hadits al bukhari no hadits 3359 riwayat Ummu Syarik.

Sebelum masuk ke persoalan cicak, anda mesti pahami dulu hikmah Allah ketika menciptakan sesuatu makhluk apapun itu, itu terdiri dari setidaknya 3 hal.

Daftar ISI:

1. Ada ujian kemaslahatan, jadi makhluk itu diciptakan supaya kita mengambil kemaslahatan atau kebaikannya saja. Seperti saat Allah menciptakan lebah, ketika diciptakan, tujuannya supaya kita dapat mengambil manfaatnya, seperti madunya, sengatannya untuk obat dll... Masya Allah,  dan antum gak pernah persoalkan lebahnya.

Jadi hewan ini ketika diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala, memang penciptaanya adalah ujian maslahat untuk kita, supaya kita mendapat maslahat dari situ, setiap antum ambil, niat karena Allah ada pahala disitu dan lebah menunaikan tugas dari Allah Subhanahu Wata'ala dan perintahnya.

Hukum membunuh nyamuk

2. Ada sebagian yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala, sebagai ujian yang menghadirkan mudharat disitu, supaya kita mengetahui ada keburukan yang harus kita hindari, misal; nyamuk, tikus, kecoak dll.

Nyamuk diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ketika diciptakan oleh Allah... untuk menunjukkan ada lingkungan yang kotor disitu, yang tidak bagus, ada penyakit yang harus dihindari makannya ketika ditunjukkan oleh Allah, dia muncul fitrahnya memang mesti dibunuh.

Kenapa dia mesti di bunuh, karena dilingkungan itu ada yang kotor, dan diapun membawa kotoran yang mungkin bisa berpindah.

Jadi pelayanan kehidupannya tasbihnya kepada Allah memang khidmatnya untuk menunjukkan tanda-tanda ada sesuatu yang buruk di lingkungan tersebut, jadi nyamuk itu sebenarnya ketika datang... membawa sesuatu yang baik untuk kehidupan kita, yaitu menunjukkan lingkungan tersebut kotor.

Kita bunuh nyamuk disitu menghilangkan kotoran yang ada didalamnya, tapi diciptakan oleh Allah untuk menandakan ada sesuatu yang harus kita hindari untuk kebaikan kita.

Makannya ketika Allah mencipatakan nyamuk ataupun lalat... Masya Allah turun ayat disitu Qura'n surah Al-baqarah ayat 26.

Hukum Membunuh Cicak
Allah itu gak punya rasa malu kalaupun harus membuat perumpamaan menciptakan nyamuk karena dibalik itu pasti ada kebaikan maslahat untuk kita, jadi kenapa antum gak pernah tanyakan kenapa gak tega membunuh nyamuk, kenapa gak mengatakan kejam membunuh nyamuk.

Jadi persoalannya bukan bunuh atau tidak bunuh itu ada ujian bagi kita yang menampilkan mudharat disitu yang harus kemudain kita hilangkan, kalau Allah gak tampakkan maka bahaya untuk kehidupan kita, termasuk cicak, cicak termasuk ujian mudharat disamping ujian keimanan.

Ada mudharat, bukankan jika cicak datang, menandakan bahwa banyak kotoran yang ada disitu, ada bakteri e-coli yang dia bawa, ada kotoran-kotoran yang ada disekitarnya, yang dimakannya pun yang kotor juga. Apa makanan cicak?... Nyamuk...

Jadi ini menandakan bahwa ketika cicak hadir, dia diciptakan oleh Allah bukan diciptakan untuk di bunuh, diciptakan untuk menandakan ada mudharat disekitaran itu dengan kotoran-kotoran, makannya diciptakan oleh Allah untuk menunjukkan ini ada yang kotor, ada yang gak bagus, termasuk dirinya sendiri.

Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa salla menyampaikan;

Bahwa Nabi Salla memerintahkan untuk membunuh cicak, dan ada pahala disitu. (hadits muslim nomor hadits 2238 riwayat saad bin abi waqqash)

Ketika anda bunuh bukan hanya ada pahala disitu, tapi menghilangkan keburukkan-keburukkan yang mungkin muncul, termasuk disitu mengusir keadaan-keadaan jin, karena jin senang ditempat yang kotor. Makannya bisa saya katakan, kalau ada cicak di beberapa tempat, itu biasanya jin ada juga disitu, senang ditempat-tempat yang kotor

Dan Nabi menyebutnya dengan hewan fasik kecil, selain membawa kotoran, ia juga pernah meniup-niup api yang sedang membakar Nabi Ibrahim supaya semakin menyala... diharapkan agar api itu dingin dan teduh, ini malah ditiup-tiup oleh hewan ini, makannya jika anda membunuhnya bukan hanya menghilangkan kotoran, tapi plus ada pahala disitu.

Hukum Membunuh Cicak

Sekali pukul ada 100 kebaikan berdasarkan hadits riwayal al-Bukhari no hadits 3359 riwayat Ummu Syarik.

Terbunuhnya cicak, akan menghadirkan kebaikan-kebaikan dab sebagai gambaran keimanan kita untuk mengkuti petunjuk syariat.

3. Yang ketiga, ujian yang sifatnya menunjukkan karakter, misal saat Allah mencipatakan monyet Quran Surah Al-baqarah ayat 65. Monyet diciptakan untuk meunjukkan karakter yang muncul pada masyarakat yahudi.


Kami katakan, jadilah kalian kera-kera yang dihinakan.

Apabila kita melemparkan kera dengan satu makanan, maka akan di tangkap dengan tangan kanannya, begitu dilempar lagi, ditangkap dengan tangan kiri, begitu di lepar lagi, di tangkap dengan kakinya, begitu dilempar lagi, di tangkap dengan kaki satunya, begitu ada kawanan lain masuk kawasan, itu maka akan ia usir, tapi ketika ia sudah tidak suka dengan makanannya, dia akan datang ketempat yang lain... dan  di obrak-abrik tempat makanan yang sebelumnya.

Mirip kejadiannya dengan yang sekarang, monopoli ini monopoli itu, ambil ini ambi itu, bikin orang lain bangkrut, macam-macam dan lain sebagainya.

Ini menunjukkan sifat karakter kera yang rakus.

Makannya ketika antum keluarkan di qur'an, itu gak mungkin ada yang kosong dari faedah, pasti ada kebaikan-kebaikan yang mungkin bisa kita dapatkan.

Sumber, ceramah Ustadz Adi Hidayat https://www.youtube.com/watch?v=644cDNkG-cM&t=19s

Baca Juga: Hukum Membunuh Ular yang masuk rumah

Belum ada Komentar untuk "Hukum Membunuh Cicak dalam Islam Hadits dan Dalilnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel