Hukum Membunuh Ular Masuk Rumah menurut Islam

hukum membunuh ular didalam rumah menurut islam

Hukum membunuh ular yang masuk ke rumah... ulama terbagi pada 4 pandangan, pandangan itu karena ada beberapa turunan dalil-dalil termasuk hadits Nabi Shalallaahu 'Alayhi Wasallam, termasuk
hadits riwayat muslim NO 2236 yang memberikan beberapa pernyataan.

Singkatnya, 4 pandangan / pendapat itu...
  • Pendapat pertama dalan mazhab hanafi, boleh membunuh ular yang masuk ke rumah tanpa peringatan, jadi ketika ular masuk ke rumah, langsung di bunuh, itu di bolehkan.
  • Pendapat kedua, boleh membunuh ular yang masuk ke rumah tapi dengan catatan diberikan dulu peringatan-peringatan yang umumnya bisa di pahami mengusir ular, tapi jika ular tersebut tidak mau pergi, maka itu boleh di bunuh.
  • Pendapat ketiga, boleh dibunuh ular di dalam rumah jika ular itu masuk ke rumah di luar kota madinah, sedangkan kalau masuk di dalam kota madinah, itu tidak boleh di bunuh, hanya di usir saja. Di rumah-rumah di kota madinah kalau kemasukan ular maka akan di usir saja, tidak di boleh bunuh.
  • Pendapat keempat, tidak di bunuh, kecuali ular yang memiliki ciri garis putih di punggungnya atau punya berekor pendek, ciri ini menunjuk pada ular berbisa, seperti ular cobra dll. Ketika ular  berbisa masuk ke dalam rumah dan membahayakan, boleh seketika itu di bunuh
Dari pendapat-pendapat ini, itu mengerucut pada beberapa hadits... utamanya hadits tentang pernyataan jin yang berjanji kepada Nabi tidak akan menampakkan diri di rumah orang beriman. 

Jadi sebetulnya jin-jin muslim yang baik itu gak akan ada penampakkan, jadi kalau antum melihat penampakkan-penampakkan, itu bukan jin muslim, karena jin muslim telah berjanji kepada Nabi Shalallaahu 'Alayhi Wasallam tidak menampakkan diri dalam bentuk jin.

Ada perjanjian tidak menampakkan diri, maka jika jin muslim menampakkan bisa dalam wujud lain selain wujud jin, diantaranya binatang, terlebih ular.

Pernah kejadian di masa Nabi, seseorang kemudain menikah, pengantin baru, begitu akan masuk kerumahnya si perempuannya keluar dari rumah.

Dulu... adat masyarakat dulu, kalau ada perempuan diluar rumah, maka ini menunjukkan perempuan itu punya perilaku yang tidak baik, maka sang suami langsung mengambil anak panah dan ingin memanah perempuan itu.

Begitu kemudian akan di lepaskan anak panah, perempuan itu mengatakan tahan sebentar, ada sesuatu terjadi di rumah yang menyebabkan saya keluar, bukan karena saya tidak baik.

Maka dilihatlah kedalam rumah, ternyata disitu ada ular, dipanahlah seketika oleh suaminya. 

Kemudian istrinya mengatakan, saya tidak tau, apakah suami saya membunuh ular duluan, atau ular yang kemudian mematikan suami saya, maka ketika suaminya keluar, ternyata ularnya yang mati di panah.

Maka kedua pasangan itu mengadukan kepada Nabi.

"Ya Rasullullah mohon doakan kami ya Rasullullah, karena di rumah ada ular"

kata Nabi...

"Kalianlah yang mohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta'ala, karena kalian telah membunuh seorang jin muslim"

Jadi jin itu sedang berada di dalam rumahnya, dia masuk dalam bentuk ular.

Maka jika ada ular masuk ke dalam rumah, pendapat yang terkuat adalah, anda coba usir dulu, jika ketika diusir ia tetap bertahan dan balik lagi.

Kata Nabi Shalallaahu 'Alayhi Wasallam

"Itu mungkin kalaupun jin, termasuk jin yang kafir"

Tapi kalau misalnya ular-ular berbahaya seperti ular berbisa / berbahaya, maka tidak usah pikirkan jin atau bukan, langsung eksekusi (bunuh).

Artikel ini di tulis berdasarkan ceramah Ustadz Adi Hidayat, bisa cek videonya; https://www.youtube.com/watch?v=NZPLoaCNw8Y

Pertanda Apa Ular Masuk Rumah?

Ada sebagian orang, yang mengangap dan mempercayai jika ada ular yang masuk rumah, maka akan terjadi sesuatu, namun perlu diketahui, bahwa jika ada ular masuk rumah, bukan pertanda seperti akan dapat jodoh / tertimpa musibah, seperti mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

"Kita hanya disuruh meminta perlindungan sama Allah

 بِسْمِ اللَّهِ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَا  

Bismillahi la yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wala fis sama'

Artinya: Kalau kuesbut nama Allah, tidak ada satupun yang dapat menimbulkan mudharat baik di bumi maupun di langit.

Disitulah letak iman, letak penyerahan kepada Allah" Ustadz Abdul Somad

Baca Juga: Hukum Membunuh Cicak

Belum ada Komentar untuk "Hukum Membunuh Ular Masuk Rumah menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel