9 Cara Membedakan Power bank Xiaomi yang Asli & Palsu

Cara membedakan power bank xiaomi asli dan palsu - Power bank merk xiaomi memiliki kualitas yang cukup bagus di bandingkan power bank merk lainnya, memiliki spesifikasi tinggi dengan harga murah, inilah yang membuat power bank xiaomi laku keras di pasaran.

Salah satu dampak negatif dari kepopuleran power bank Mi karena laku di pasaran, yaitu ada pihak-pihak nakal yang membuat power bank xiaomi palsu, oleh sebab itu, tidak jarang jika kita menemukan banyak sekali power bank xiaomi palsu beredar di pasaran.

Saya sendiri pernah tertipu, membeli Mi Power bank 10400mAh, meskipun dilihat dari tampilan luar sangat mirip dengan power bank yang asli, namun setelah di cek, power bank itu fake.

Agar kalian tidak mengalami hal yang sama seperti saya, disini saya akan membagikan tips untuk mengetahui ciri-ciri dan perbedaan power bank xiaomi asli dan palsu.

Cara Membedakan Power Bank Xiaomi yang Asli dan Palsu

Disini akan saya bahas cara mengetahui power bank yang asli, ada beberapa kasus dimana perusahaan pembuat barang palsu bekerja sama dengan 'orang dalam' agar pembeli terkecoh dan tidak menyadari bahwa itu power bank palsu. Untuk bisa mengetahuinya silahkan coba cara-cara berikut.

1. Warna

Cara pertama untuk mengetahui power bank xiaomi yang akan kamu beli asli atau palsu, yaitu perhatikan warna power bank. Perlu diketahui, bahwa power bank Xiaomi hanya meluncurkan 3 warna, yaitu merah, putih dan hitam.

Kalau kamu melihat ada power bank merk xiaomi di pasaran berwarna selain 3 warna tersebut, dapat di pastikan bahwa power bank xiaomi itu palsu.

Untuk power bank mi 10.000 mAh varian warnanya hitam atau merah, sedangkan untuk kapasitas 20.000 mAh warna yang tersedia hanya putih.

2. Cek Kode Keamanan

Cara membedakan power bank xiaomi asli dan palsu

Masih bingung, apakah power bank xiaomi yang kamu pakai asli atau palsu...

Cara paling mudah dan akurat, yaitu memerikasi kode keamanan, kode keamanan ini terletak di belakang box (seperti gambar diatas) kalian gosok untuk memunculkan kode keamanan atau kode imei.

Untuk cara cek kode veirifikasi power bank xiaomi, pertama kamu pergi ke situs resmi xiaomi https://www.mi.com/global/verify#/en/tab/imei dan masukkan kode imei atau sn di kolom yang tersedia.

Lalu kamu akan mendapatkan respon, jika respon tersebut "The security code has been queried 1 times" itu tandanya power bank yang kamu pakai original.

3. Memeriksa Logo

Logo merk Mi yang ori, bentuk logonya lebih timbul sedangkan yang palsu tidak timbul. Kalau kualitas KW yang dibuat sangat buruk, biasanya hanya dengan digaruk, maka logo akan terkelupas.

4. Cek Tulisan di Bagian Bawah Power Bank


Untuk power bank xiaomi sendiri, di bagian dasar terdapat informasi seperti kapasitas daya dll. jika kamu merabanya, maka kamu akan merasakan tulisan itu nampak lebih timbul jadi kamu bisa merasakan ada tulisan teks disitu.

Jika power bank itu palsu, maka kamu tidak bisa meraba dan merasakan bahwa teks tersebut timbul.

5. Kabel USB

Di setiap pembelian power bank xiaomi, di dalam box tersedia kabel USB, jika di dalam kotak box tidak ada kabel USB tambahan, maka bisa di pastikan power bank itu palsu.

Jika terdapat kabel USB, tapi kabel USB tersebut berkualitas rendah maka di pastikan juga itu power bank palsu, karena kabel USB yang original terbuat dari material yang kuat dan berkualitas.

6. Logo Mi tersembunyi di dalam Port USB

Banyak cara yang dilakukan brand xiaomi untuk mencegah pemalsuan produk, salah satunya meletakkan logo Mi kecil di dalam port USB seperti gambar diatas, jika ada logo Mi tersebut, maka kemungkinan power bank itu asli.

7. Lampu Indikator


Coba kalian lihat gambar di atas dan bandingkan... terlihat jelas dari gambar itu, kalau lampu indikator power bank palsu warnanya lebih terang, sedangkan untuk lampu indikator yang asli, warnanya tidak begitu terang (soft).

8. Mendukung Pass-through Charging

Fitur Pass-through Charging terdapat pada power bank xiaomi, jadi untuk mengeceknya, kamu cukup men-charge power bank lalu power bank digunakan untuk men-charge ponsel.

Jadi ketika power bank sedang di charge, kamu coba pakai power bank untuk mengisi baterai ponsel, nah jika masuk atau terisi itu tandanya power bank Mi kamu asli.

9. Harga

Ingat... harga yang murah, bisa jadi itu power bank itu palsu, tapi harga yang mahal juga tidak ada jaminan bahwa itu power bank asli.

Oleh sebab itu, sebaiknya cek dulu kondisi barang sebelum membeli, jika kita belanja online, untuk mengetahuinya cek review dari pembeli sebelumnya, jika review nya buruk, sebaiknya cari seller lain.

Dan kamu juga bisa menanyakan garansinya, jika itu power bank asli, maka akan ada garansi resmi dari xiaomi.

Sekian dulu, artikel kali ini semoga sekarang pembaca dapat membedakan mana power bank xiaomi palsu dan yang asli, semoga kamu terhindar dari penipuan.

Power bank Kamu Rusak? Baca artikel berikut: Cara Memperbaiki Power bank

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Membedakan Power bank Xiaomi yang Asli & Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel